Sekelumit babak baru perpolitikan di Indonesia

Sekelumit babak baru perpolitikan di Indonesia

Setahun lebih di dunia maya, semacam Facebook maupun Twitter kita diberi tontonan yang kadang konyol nan norak oleh dua kubu antara pendukung garis keras Prabowo dan barisan pendukung Jokowi. Hingga kini masih berlangsung adu hantam, caci mencaci, tebar fitnah dan lain sebaginya. Entah kapan berakhirnya perseturuan dua kelompok ini, padahal pemilihan presiden telah usai setahun lalu. Dan yang didukung sudah berleha-leha di istana masing-masing. Mungkin, Jokowi maupun Prabowo kadang ketawa geli melihat tingkah laku pendukungnya. Mungkin loh, ya.

Beberapa hari ini dunia maya mempunyai babak baru. Perkelahian semakin seru, tak hanya pendukung Prabowo melawan pendukung Jokowi. Saat ini perkelahian mendapat lawan lagi, seperti halnya partai tambahan, atau apalah namanya, terserah mau disebut apa.

Kamis lalu tepatnya 20 Agustus 2015 gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama yang populer dengan sebutan Ahok merelokasi warga Kampung Pulo, Jakarta Timur. Kegiatan itu mendapat dukungan sekaligus kecaman dari berbagai masyarakat tak hanya warga Jakarta sendiri. Pro-kontra adalah hal yang wajar, jika pro semua, maka tak akan ada kritik terhadap pemerintahan, otomatis tal ada yang mengawasi, di sini maksud saya Jakarta.

Di dalam pelaksanaannya, terdapat banyak kekerasan yang tak terhindarkan. Alat berat dibakar oleh massa, “jual beli batu antara warga dan aparat” dan kejadian-kejadian lain. Banyak korban berjatuhan, tak hanya dari warga, pun dengan aparat yang kita tahu ialah Satuan Polisi Pamong Praja.

Saya tidak paham masalah ini. Saya tak bermaksud sok-sokan mengomentari terhadap isue yang sedang hits akhir-akhir ini. Tapi, bukankah masih ada jalan lain agar tidak terjadi kekerasan di dalamnya?

Dalam hal ini, saya tidak setuju dengan Ahok. Bukan apa-apa, yang tidak saya respect adalah terjadinya “Kekerasan”. Baca pelan-pelan, kekerasan… saya ulangi sekali lagi agar Anda, pendukung Ahok atau menyebut dirinya TemanAhok baca lebih jelas kekerasannn!

Di dunia maya Twitter dan Facebook khususnya, pecah lagi dan semakin seru kelahinya.

Dulu ketika Pemilu presiden, barisan pendukung Jokowi (yang mayoritas juga mendukung Ahok) kini pecah dan tak satu suara lagi. Sekarang yang terjadi, pendukung garis keras Prabowo menyerang Jokowi dan Ahok, sebagian pendukung garis keras Jokowi yang tak sepaham dengan Ahok juga menyerang Ahok dan TemanAhok. Lalu ada team baru, yaitu Lawan Ahok.

Hantam-menghantam semakin tak terhindarkan. Riuh rendah di dunia maya dari pagi hingga ketemu pagi temanya masih sama “Kampung Pulo”. Hingga berita-berita lainnya bak ditelan bumi, tak terlalu sexy dan seperti angin lalu saja.

Cuit-cuitan dari berbagai aktivis(?) di Twitter sindir menyindir antara yang setuju dan yang tidak setuju. Belum frontal ke twitwar si ini lawan si itu sih. Tapi beberapa saat lagi, akan terjadi.

Para pendukung Ahok yang membabibuta membenarkan Ahok, oh ya, Ahok selalu benar sih.

Sekelumit babak baru dunia perpolitikan di Indonesia kini dimulai. Genderang perang sudah ditabuh.  Anda lihat saja, siapa yang penjilat idolanya, siapa yang pura-pura membela rakyat miskin, dan siapa buzzer yang mati-matian membela idolanya, siapa yang fitnah sana-sini, siapa yang tak dapat proyek dari Kampung Pulo lalu memfitnah sana-sini, siapa yang benar-benar tulus membela kaum lemah dan lainnya akan terlihat suatu saat nanti.

Saya hanya pemerhati diam-diam dan tidak tahu apa-apa. Saya hanya rakyat kecil, yang kebetulan sering online di dunia maya dan sekaligus setahun lalu menjadi warga Jakarta. Dan untuk kali ini saya tak sejalan dengan perlakuan Ahok terhadap warganya yang pongah dengan menggunakan kekerasan macam ini.

Catatan : foto dari Kompas.com / Kristianto Purnomo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s