Menghargai Pekerjaan

Menghargai Pekerjaan

Empat hari lalu saya mulai masuk kerja lagi. Saya bekerja di tempat pekerjaan yang lama. Sebulan tidak kerja, membuat saya menjadi lebih menghargai pekerjaanku saat ini. Sebenarnya di jadwal saya, masuk hari pertama adalah tanggal 04 juli, namun  hari itu adalah hari sabtu maka saya masuk pada hari senin, 06 juli.

Sebulan di rumah membuat saya belajar banyak hal. Banyak pikiran dan niatan kemana-mana. Impian-impian yang tak kunjung diraih dan lain sebagainya. Kegiatan saya di rumah hanya menunggu waktu dari pagi ke siang, sore ke malam begitu seterusnya. Tanpa tahu dan tujuan apa. Saya hanya menunggu waktu dan menghitungnya dengan bosan.

Menganggur membuat saya sadar bahwa sesial-sialnya pekerjaan yang kita miliki saat ini, ternyata kita masih beruntung daripada tidak bekerja. Kata siapa nganggur itu enak? Para penganggur itu pikirannya kemana-mana, boros uang dan kebanyakan gelisah.

Beruntunglah kalian yang saat ini sudah memiliki pekerjaan yang kamu sukai. Karena mencari pekerjaan sesuai pasion dan bidang itu susah sekali. Pertahankan pekerjaan kalian, karena jika kamu merasa bosan atau sering mengeluh dengan pekerjaanmu saat ini, maka itu adalah wajar.

Semua orang memiliki rasa bosan dengan taraf masing-masing. Mungkin kamu baru bekerja beberapa bulan sudah bosan dan ingin pindah kerja, itu adalah sifat  wajar manusia. Tapi yakinlah, jika kamu bosan dan berhenti dari pekerjaanmu maka kau bisa-bisa menjadi orang pecundang. Bertahanlah, dan kamu akan mendapatkan sesuatu dari pekerjaanmu.

Jika kamu benar-benar bosan dan tak nyaman, maka hanya ada dua pilihan, bertahan atau berhenti. Jika kamu memilih yang pertama maka kamu harus bertahan dengan sesungguhnya, tak ada paksaan dan yakin kamu bisa melakukannya. Jika kamu ragu, maka kamu tak lebih dari menggarami lautan, sia-sia belaka. Lalu jika kamu mengambil jalan kedua, maka kamu harus berhitung dengan baik-baik. Jangan kamu menyesal jika sudah keluar. Karena mencari pekerjaan yang kamu dambakan tak semulus pahanya abege-abege berbonceng tiga di jalanan.

Banyak alasan untuk bertahan atau berhenti bekerja. Tapi satu yang harus kamu pegang, prinsip. Karena jika prinsipmu masih plin-plan maka tak akan maju hingga usiamu senja.

Sekarang, di hari-hari ini. Saya lebih menghargai pekerjaanku. Dulu, sebelum menganggur, saya sering mengeluh dan banyak mengumpat tentang pekerjaan saya. Saya nganggur sebulan itu memberikan banyak hikmah. Tuhan memberikan jawaban dan jalan yang tidak kita tahu lewat apa, kapan dan lainnya.

Memang, saat ini bukan bidang kerja saya. Tapi saya yakin suatu saat akan mendapatkan pekerjaan yang saya impikan dan idamkan. Saya hanya menungggu waktunya tiba dan akan menggeluti dunia itu. Saat ini, saya mungkin di-uji-coba oleh Tuhan. Seberapa kuat kemampuan saya di bidang yang saat ini saya jalani.

Jika kamu belum mendapatkan pekerjaan atau sedang nganggur, percayalah kamu hanya menunggu waktu yang sedikit lagi selesai. Jangan putus asa apalagi malas berusaha. Yakinlah pada dirimu sendiri, jangan pesimis dengan diri sendiri. Salam hormatku bagi kalian yang saat ini masih mondar-mandir mencari pekerjaan. Buka pintu satu perusahaan ke perusahaan selanjutnya. saya hormat dan doaku menyertaimu. Karena di tetesan keringat kalian, ada berjuta butir doa dan harapan yang baik darimu.

Sabar, sebentar lagi waktu terpurukmu akan usai. Dan saya salut kepada orang-orang yang bekerja dengan tulus ikhlas, dan bisa bekerja dengan hatinya. Sekali lagi, hormatku kepadamu.

Catatan; untuk semua yang sedang mencari kerja.

Tambahan :

1. Kenapa saya sebulan nganggur? baca di sini

2. Kegiatan apa saja ketika saya nganggur? baca di sini

Leave a Reply

