Kingkong vol.2

Kingkong vol.2

Perhelatan akbar gigs atau reuni para punkers se-Jakarta dan kota-kota sekitarnya akan diselenggarakan tinggal hitungan hari. Punk atau musik yang beraliran punk di Indonesia khususnya di Jakarta mempunyai ceritanya sendiri, dibandingkan dengan aliran musik lainnya seperti Pop, Metal, Rock dan Reggae. Punk mempunyai komunitas atau penikmat tersendiri di kalangan anak muda di Indonesia. Di Jakarta sendiri, Punk mempunyai fenomena yang bisa dibilang pasang-surut. Susahnya izin oleh pihak atau aparat setempat, membuat komunitas ini membuat “mandek” untuk masalah gigs. Berbeda dengan aliran musik pada umumnya, yang jika mengadakan konser dengan mudah disetujui oleh aparat, dan satu lagi mempunyai banyak iklan yang perkara financial bisa dibilang tak ada masalah. Punk adalah sebuah perlawanan tentang itu semua, menolak adanya “embel-embel” iklan, dikerjakan secara kolektif  dan bergotong-royong. Seperti yang sudah diketahui atau dijalani para punker yang memiliki pedoman do it yourself atau sering disebut dengan D.I.Y. dengan rasa kebersamaan yang tinggi, maka Komunitas Punk Jakarta, membuat gigs yang melanjutkan gigs tahun lalu, dan tahun ini, Pakalolo Records membuat gigs yang ia beri nama “Kingkong vol. 2”. Seperti melanjutkan atau meneruskan tahun sebelumnya, Kingkong vol. 2 ini akan menampilkan band-band punk yang sudah malang-melintang dan tetap konsisten di jalur punk yang antara lain : Molotov Cocktail, The Tot, Fisticuff 86, Chaos RI, Kremlin, Klepto, Total Distroy, Last Drive, dan masih banyak yang lainnya. Kingkong vol.2 ini akan diselenggarakan di Plaza Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada hari Sabtu 21 Februari 2015, mulai pukul 12.00-19.00 WIB.

Ini mungkin adalah hajatan Punk terbesar tahun ini di jakarta bahkan di Indonesia. Kawan-kawan yang ikut mengisi acara ini tak hanya band dari Jakarta dan Tangerang. Tapi dari Jogjakarta, Pemalang, Temanggung dan dari punk pantai utara kota Indramayu. Sebagai komunitas yang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat masa kini, para pelaku punk tetap akan membuktikan bahwa punk tidak kriminal dan tidak vandalism. Dan sudah saya bahas di awal, bahwa acara ini tidak ada iklan yang menopang atau memback-up. Maka dari itu, tiket presale sudah dijual dari beberapa waktu lalu yang harganya Rp. 20.000,- dan untuk on the spot beda Rp 10.000,- yaitu menjadi Rp. 30.000,-. Jika kawan-kawan ingin atau acara ini akan terus berlangsung setiap tahunnya, maka belilah tiket. Karena kita (punk) atau panitia bisa membuat acara dari hasil pembelian tiket kalian dari itulah acara ini terselanggara. Hargai jerih payah Pakalolo yang sudah membuat acara sebesar ini, yang mungkin di kota-kota lain sulit terlaksana karena masalah izin dan tentu saja dengan biaya.

pamflet untuk pemesanan tiket online. bisa dibaca di gambar.
pamflet untuk pemesanan tiket online. bisa dibaca di gambar.

Dan terakhir, untuk punk di Jakarta maupun di kota-kota lainnya, saya mengutip sedikit liriknya dari Sosial-Sosial yang berjudul “Hai Punk”   hai Punk satukan langkah, temukan arah perjuangan, hai punk tetap teriak nyanyikan kebeneran, hai Punk jangan menyerah dengan kata perubahan , hai Punk jangan bercinta dan main band saja!

nb : tulisan ini pribadi dan tidak membawa atas nama apapun.

Oh ya kalo ada yang berfikir atau bertanya :

 “Kok yang main band-band yang sebagian besar di Kingkong vol.1?”

Jawabannya adalah : “kingkong itu tidak terpatron dengan konsep jakarta bersatu,band yg sudah main di vol 1 ga masalah untuk main di vol yg berikut nya,itu sudah dikonsepkan dri awal oleh kawan2 dri pakalolo,ga masalah klo ad pertanyaan seperti itu,kok yg main itu lagi dan lagi..mereka bkn band yg rindu order loh..hehehe,krna ad keterikatan secara emosional yg kuat maka mereka (yg sdh main di vol 1) mau disuruh main lagi,padahal klo mao cucur,mending mereka bantu2 aj di hari H nya”. Gua kutip dari facebooknya Sosial Sosial Punkrock

 


[kawan-kawan pengisi acara dan detail pemesanan tiket ada di pamflet]

UPDATE : Untuk review Kingkong vol. 2 bisa dilihat disini

Jakarta, 01 Februari 2015

 

Robit Mikrojul Huda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s